Sejarah Apa yang menjadi pemicu jayakatwang menyerang kertanegara dan kerajaan singasari

Apa yang menjadi pemicu jayakatwang menyerang kertanegara dan kerajaan singasari

Salah satu penyebab runtuhnya Kerajaan Singasari adalah adanya pemberontakan yang dilakukan oleh Jayakatwang. Pada saat itu Jayakatwang menyerang dan membunuh Kerajaan Kertanegara. Dan yang memicu Jayakatwang melakukan pemberontakan adalah adanya hasutan dari patihnya yakni Arya Wiraraja dan Jayakatwang bertekad akan membalas dendam kematian leluhurnya.

Pembahasan:

Pemberontakan Jayakatwang diperkirakan terjadi diantara pertengahan bulan Mei dan Juni 1292. Untuk melakukan penyerangan ke Kerajaan Singasari, Jayakatwang mendapat bantuan dari Arya Wiraraja, Bupati Sumenep yang telah dijauhkan dari keraton oleh Raja Kertanegara.

Dalam menghadapi pemberontakan dengan Jayakatwang, Raja Kertanegara memerintahkan menantunya yakni Raden Wijaya untuk memimpin serangan. Ketika Raden Wijaya mengejar pasukan Kediri yang terus bergerak mundur, Jayakatwang segera menyerbu keraton dari arah selatan. Akhirnya Raja Kertanegara terbunuh dalam serangan dan Jayakatwang berhasil menguasai seluruh istana. Dan meninggalnya Raja Kertanegara sebagai tanda runtuhnya Kerajaan Singasari dan Jayakatwang kemudian berusaha membangkitkan Kerajaan Kediri.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang keruntuhan Kerajaan Singasari dapat disimak di https://brainly.co.id/tugas/10255679

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]